Cara Perbaiki Tombol Handphone Yang Tidak Berfungsi Paling Sederhana

Posted on
Hari ini saya telah mencoba perbaiki Tombol BlackBerry 9300 yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hasil yang saya dapat sangat memuaskan karna Tombol kembali berfungsi dengan baik.
Baiklah, bagaimana caranya? Simak cara berikut ini!
Bongkar Handphone keseluruhan, sebelumnya saya jelaskan cara ini tidak hanya untuk Blackberry saja tetapi bisa dicoba untuk kesemua Handphone yang masih menggunakan Tombol. Kita lihat PCB bagian Tombol terdapat Pelastik putih seperti Setiker yang dapat kita buka secara perlahan untuk membersihkan bagian bawah lempengan-lempengan besi kecil yang berfungsi jika kita tekan, bersihkan bulatan-bulatan pada PCB dibagian Tombol tadi. Kita bisa menggunakan cairan pembersih yang aman atau jika tidak ada kita bisa mengamplasnya dengan hati-hati sampai semua benar-benar bersih.
Cara yang saya lakukan sebenarnya tidak seperti yang saya tulis diatas, namun jika kalian merasa sayang dengan Handphone kalian sebaiknya jangan lakukan seperti cara yang akan saya tulis berikut ini. Saya bongkar Handphone keseluruhan, saya buka pelastik putih yang ada dibalik Keypad kemudian saya bersihkan bulatan-bulatan kecilnya dengan obeng dengan cara digesek-gesek hingga benar-benar hilang kotorannya. Kemudian saya pasang kembali Pelastik putih yang awalnya menempel itu tapi tidak bisa menempel lagi kemudian saya gunakan Solasi Transparan untuk pengganti pelastik yang telah rusak itu. Saya coba dan berhasil, keyped kembali normal tanpa ada yang rusak lagi.
Jadi silakan kalian pilih cara mana yang akan kalian praktekan pada Handphone kalian, atau kalian tidak yakin dengan cara ini dan ingin membawanya ke Counter Serive?  Siapa yang tahu cara Counter Service memperbaiki Handphone dengan cara apa, bisa jadi dia gunakan juga cara ini 😀

Yang kalian butuhkan hanyalah keberanian, keberanian untuk apa? Keberanian untuk membongkar dan mencobanya sendiri, jika memang kita gagal atau kita membuat kesalahan saat membongkar, itu akan membuat kita semakin mengerti jika suatu saat nanti coba memperbaiki Handphone lagi. Cukup banyak ilmu yang saya dapat dari kegagalan, dan akan terus saya bagikan untuk kalian.
Terimakasih telah membaca artikel ini, salam BOI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *