Software Encode Untuk Anime dan Film

Posted on
Situs-situs RAW tentang Anime dan Film mulai meraja lela, dan hal tersebut merupakan hal positif bagi para pecinta kedua tayangan yang berbeda grafik dan juga genre tersebut. Baru-baru ini banyak dari sekiannya orang yang berminat menjadi salah satu penyedia subtitle gratis untuk para pecinta kedua kategori diatas. Namun terkadang para penyedia subtitle atau kerap disebut Fansub ini mengeluh akan Size video yang terlalu besar karena hal tersebut justru akan menguras banyak penyimpan HDD maupun SDD mereka. Dan untuk para pemula yang baru saja terjun di dunia per-fansuban biasanya masih belum tahu tentang trik mengecilkan ukuran video yang biasanya besar bisa dikurang hingga 40% sampai dengan 70%. Dan disini saya akan membeberkan sejumlah Software yang biasanya digunakan oleh para Fansub untuk mengecilkan hasil Video RAW mereka.

Berikut daftar-daftarnya:




1.  MeGUI

MeGUI merupakan software x264 yang paling banyak digunakan di kalangan dunia Fansub. Hasil yang memuaskan ini menjadi bukti bahwa Software yang satu ini menjadi pilihan tepat bagi kalangan-kalangan Fansub yang ingin mengecilkan ukuran videonya. Dengan settingan yang normal, biasanya MeGUI mampu mengencode hasil video yang telah di pilih menjadi size yang lebih rendah dengan kadar ukuran 50% – 70% dari hasil RAWnya. Kebanyak dari para Fansub memilih kadar pengecilan size video menjadi setengan ukuran karena hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti video pecah-pecah, buram dan sebagainya. Semisal bahwa RAW yang telah paling banyak diunduh oleh para Fansub adalah 145 MB dengan resolusi video 480p, dan Fansub itu biasanya akan merubah sizenya menjadi 60 MB hingga 80 MB. Sangat menarik bukan?


2. Cyko

Berbeda dengan MeGUI, software ini terbilang simpel dalam hal encoding. Video yang dihasilkannya juga bagus asal kamu bisa bisa menyettingnya dengan baik. Menu atau settingan yang dimiliki oleh Cyko memang sederhana, namun hal ini masih jauh dibilang kalah dengan apa yang dimiliki oleh MeGUI. Meski terbilang kalah, bagi saya untuk kamu yang tidak suka ribet-ribet dalam hal encoding silahkan memakai software yang satu ini. Karena beberapa pilihan yang sederhana akan memudahkan kamu dalam hal mengecilkan size Video RAW ini. Terbukti sudah bahwa Software yang satu ini bisa diuji kehebatannya dan mampu bersanding dengan Software encode terkemuka yaitu MeGUI. Dalam hal encode Cyko mampu mengubah size ukuran pengecilan hinggan 50% sampai dengan 75% bahkan lebih asalkan kamu mampu merendahkan frekuensi Audio yang dihasilkan dari Video RAW yang sudah kamu unduh.



Perlu kamu ketahui bahwa kedua software itu biasa digunakan untuk merubah format yang tersaji dalam sebuah RAW Anime atau Film, artinya kedua file tersebut mempunyai format video berjenis MKV atau MP4. Jika kamu ingin mengonvert sebuah Video menjadi salah satu format biasa seperti MP4 Mini, MPEG, AVI dan sejenisnya kamu bisa menggunakan beberapa software yang pernah saya bahas.


Dan bagi kamu yang belum tahu alamat website untuk download RAW Anime dan Film kalian bisa lihat di:
  • Nyaa.se = RAW Video Anime
  • Horriblesubs.info = RAW Video Anime dengan Subtile English
  • Ganool = RAW Video Film
  • Subscene = Penyedia Subtile English/Indo
Kita balik lagi keatas, cara penggunaan dari kedua software tersebut berbeda dimana untuk MeGUI kamu butuh tool tambahan seperti Encoder Setting dan juga NeroAACCodec. Dan untuk Cyko kalian hanya butuh HandbrakeCLI, dan itu biasanya sudah bisa diunduh dengan satu paket. Saya sarankan bagi kamu untuk melakukan Encoding lebih baik menggunakan Cyko karena prosesnya sangat mudah dan dan nyaman. Untuk Tutorialnya mungkin akan saya share kapan-kapan ya šŸ™‚

2 thoughts on “Software Encode Untuk Anime dan Film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *