Baca Disini Dampak Android Yang Sudah di Root

Posted on

Dampak Android Yang Sudah di Root – Ada baiknya kita tahu dulu apa itu Root pada android, root pada Android adalah sesuatu yang ilegal karna pihak android sendiri tidak menyarankan hal ini untuk orang yang kurang paham tentang Android. Root pada android sama saja dengan merusak system keamanan android, ini yang menyebabkan Android mudah terserang virus ketika sedang browsing atau mendownload file di Internet.

Baca Disini Dampak Android Yang Sudah di Root

Root biasanya digunakan seseorang untuk memodifikasi tampilan android dan biasanya cara ini diterapkan pada Smartphone kelas bawah, tidak hanya itu saja kegunaan root masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan dengan Android Root. Apa saja yang dapat kita lakukan pada Android Root?

Fungsi Root Pada Android

  • Merubah Custom Rom

Biasanya Smartphone kelas bawah yang menerapkan fungsi ini, karna jika dilakukan pada Smartphone berkelas bagi saya itu hal yang bodoh, karna kebanyakan pengguna Smartphone kelas bawah merubah Custom Rom menjadi seperti Smartphone berkelas, lalu ingin dirubah seperti apa Smartphone yang berkelas?

Baca Juga: Custom Rom Terbaik Untuk Andromax G2 AD681H

Custom Rom adalah sebuah tampilan Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, jadi umpamanya Smartphone kalian Merk Advan dengan Custom Rom ini kalian dapat merubah seluruh tampilannya menjadi seperti Samsung, Xiaomi, Asus, dan yang lainnya sesuai yang kita mau. Dalam Custom Rom tidak semuanya berjalan lancar, tentu akan ada kekurangan-kekurangannya seperti tidak bisa aktifkan bluetooth/wifi, tidak bisa aktifkan dual sim, dll.

  • Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Ini yang sering terjadi pada pengguna android, terkadang pengguna merasa kinerja pada androidnya menjadi lambat karna sebuah aplikasi yang berlebihan, kita harus tahu dulu kegunaan aplikasi itu jangan sampai kita salah menghapus aplikasi penting bawaan android karna itu bisa menyebabkan kerusakan pada system android. Salah satu kerusakan system android adalah munculnya notifikasi peringatan seperti “sayangnya system UI terhenti bla..bla..bla..” dan itu akan terus bermunculan.

Baca Juga: Cara Root Android dan Fungsi Root pada Android

Google Play Sevice dan Google Play Store adalah aplikasi penting yang harus tetap ada pada android, aplikasi lainnya seperti aplikasi dengan nama system pastikan kalian tidak menghapusnya.

  • Dapat Menginstall CWM/TWRP

Root sangat indentik dengan yang satu ini khususnya untuk merubah Custom Rom, saat install CWM/TWRP juga tidak sembarangan, kalian harus pastikan dulu file .img itu milik Android kalian karna jika salah install android akan menjadi Bootloop. CWM/TWRP adalah sebuah Recovery Mode yang telah dimodifikasi, di dalam CWM/TWRP banyak sekali pilihan menu seperti format, Install zip, dan lain sebagainya. Untuk kita yang belum paham tentang CWM/TWRP sebaiknya hati-hati dalam mengoprasikannya karna jika kita salah melakukan langkah-langkahnya dapat mengakibatkan kerusakan system Android, salah satu kerusakannya adalah hilangnya kode imei, tapi kerusakan yang sering terjadi adalah kerusaka pada system software yang mengakibatkan android menjadi bootloop, bootloop adalah kegagalan system saat booting.

Banyak sekali aplikasi root android yang tersedia secara gratis, salah satu yang paling terkenal adalah Framaroot dan King Root. Keduanya hampir sama, yang membedakan adalah King Root harus menggunakan jaringan internet agar android dapat kita root, berbeda dengan Framaroot yang dapat kita gunakan walau android dalam mode pesawat, tapi tidak semua android cocok dengan Framaroot. Biasanya pengguna Framaroot akan beralih ke King Root jika proses root tidak dapat dilakukan oleh Framaroot.

Saat ini King Root juga belum bisa digunakan untuk semua jenis Android, mungkin untuk beberapa Android saja King Root dapat melakukannya. Ada dua Android yang sampai kini belum bisa kita Root, pengalaman saya saat itu dengan Smartphone Tab Advan Vandroid X7 dan Asus Zenfone 2, saya mencoba semua aplikasi root yang ada tapi hasilnya tidak sesuai harapan, tidak berhenti disitu saya coba menggunakan PC dan hasilnya tetap tidak bisa.

Lalu saya coba datang ke grup tentang dua Smartphone itu, saya melihat memang ternya masih belum ditemukan cara yang tepat untuk root Advan X7 dan Asus Zenfone 2, saya ambil kesimpulannya karna keduanya memiliki processor yang sama yaitu Intel, mungkin saja saat ini memang belum ditemukan cara yang tepat untuk semua Android Intel.

Jika kita hanya gunaka Android untuk telepon, sms, chatting, dan sekedar internetan lebih baik tidak usah melakukan root, karna hal ini system android akan lebih lemah dan rentan terserang virus. Apa lagi untuk jenis Android kelas atas sebaiknya jangan lakukan root yang hanya akan membuat android kalian menjadi lebih mudah error.

Mungkin inilah alasan mengapa garansi akan hilang setelah android kita root, karna mungkin saja kerusakan pada android akan lebih cepat sebelum batas yang ditentukan garansi. Hanya ada satu cara menghilangkan root yaitu dengan cara flashing, tapi saya tidak tahu apakah garansi masih berlaku untuk Android yang pernah diroot meski kita sudah merubahnya seperti semula.

Baca Juga: Cara Merubah Tampilan Menu Android Menjadi Lebih Keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *