Cara Flashing Samsung J3 (2016) yang Bootloop

Posted on
Kelebihan Smartphone Samsung khusunya untuk type Samsung J3 (2016) memang sangat terbukti kualitasnya, saya adalah pengguna Samsung J3, memang sedikit jadul tapi kalian harus tahu cerita saya bersama Samsung J3 (2016). Sebelum saya memulai cerita, ada baiknya kalian tahu dulu Spesifikasi Samsung J3 (2016) dibawah ini.

  • Layar: 5 inc
  • Kamera: 8MP/5MP
  • Memory: 8/16 GB
  • Ram: 1.5 GB
  • OS: v5.1.1 (Lolipop)
  • CPU/GPU: (Quad-Core 1,5GHz Cortex-A7/Quad-Core 1,3GHz Cortex-A7 – J320A) (Mali-400/Mali-T720 – J320A)
Kamera Depan Samsung J3 (2016)

Bagi saya Samsung J3 (2016) ini sudah sangat pas digunakan, meskipun kamera hanya dibekali 8 MP dan kamera depan 5 MP tapi itu tidak menutup kualitas dari foto itu sendiri, saya akui Samsung J3 (2016) ini cukup mampu mengambil gambar walau dicahaya yang redup. Sedikit keluhan saya menggunkan Smartphone ini adalah kapasitas Memory Internal 8/16 GB dan Ram 1.5 GB, itu sangat kecil bukan? Tidak cukup bagi saya untuk menyimpan data-data Aplikasi yang saya butuhkan, makanya menggunakan Samsung J3 (2016) ini sangat terbatas untuk aplikasi apa saja yang akan kita Install, apa lagi saya juga senang bermain game yang ukurannya hingga bergiga-giga byte, seperti game PES2017.

Kamera Depan Samsung J3 (2016)

Saya salut dengan Product Samsung yang sangat jelas kualitasnya, meski dulu sempat kita dengar ada salah satu type Samsung yang meledak didalam pesawat hingga akhirnya pihak Samsung mengambil kembali yang sudah terjual kepada pelanggannya, ingat tidak ada manusia yang sempurna, atas kejadian itu saya yakin Samsung akan semakin kuat bersaing dengan Product lain. Sampai kini belum ada keluhan saya yang lain selama menggunakan J3, meski saya sempat tidak sengaja menjatuhkannya ke dalam selokan yang penuh dengan air dan lupur, sperti layaknya Smartphone anti air, J3 milik saya masih tetap hidup tanpa kendala sampai kejadian yang kedua kalinya J3 milik saya terguyur air es yang tidak sengaja tumpah dan tetap hidup hingga saat ini.

Baiklah kita lanjut ketopik utama, tentang Cara Flashing Samsung J3 menggunakan Odin. Odin adalah sebuah Aplikasi yang berguna untuk mentransfer data system penting kedalam Smartphone yang rusak atau Bootloop, Bootloop adalah nama kerusakan pada setiap Smartphone di bagian perangkat lunak (Software). Odin hanya bisa digunakan untuk Smartphone Samsung saja dan tidak bisa digunakan pada Smartphone lain. Ada dua jenis perbaikan Samsung J3 (2016) yang Bootloop, yaitu:

    • Kombinasi Tombol
    Mungkin cara ini sudah tidak asing lagi untuk kalian dan sebenarnya cara ini tidak terlalu mampu perbaiki Android yang Bootlop, apa itu Bootloop? Bootloop adalah sebutan untuk kerusakan sofware pada Android, saya juga kurang tahu pasti apa arti dari Bootloop dan siapa penemu nama Bootloop itu. Cara ini juga biasa digunakan untuk mereset Android yang lupa Password, tpi tidak ada nsalahnya dicoba dulu, karna cara ini sangat sederhana. Caranya: Tekan dan tahan Tombol Power + Tombol VolumeUp + Tombol Home secara bersamaan. Lihat gambar dan lakuakan perintah wipe data/factory reset (Yes – delete all user) dan wipe cache partition (Yes – delete all user).
    •  Flashing Menggunakan Odin

    Ada 3 hal yang harus kita miliki untuk melanjukan cara Flashing Samsung J3 (2016), diantaranya adalah:

    1. Firmware Samsung J3 (2016)
    2. Driver Samsung berguna agar PC/Laptop dapat mendetect sambungan USB saat Samsung terhubung dengan kabel data.
    3. Odin3

    Langkah Flashing:

    1. Download semua bahan yang telah saya sediakan diatas.
    2. Ekstrak semua bahan yang sudah terunduh
    3.  Install Driver Samsung hingga selesai
    4. Buka Odin3 yang sudah kalian ekstrak
    5. Masukan Firmwara yang sudah kalian ekstrak ke dalam Odin3 dikolom PDA
    6. Sambungkan Samsung J3 (2016) kalian ke PC/Laptop menggunakan kabel data
    7. Perhatikan ID:COM yang ada pada Odin3, jika tampilannya seperti gambar dibawah ini maka lanjut klik Start

    Biarkan proses berjalan hingga selesai, berikut adalah gambar saat proses flashing berjalan.

     
    Klik untuk perbesar.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *