Cara Memperbaiki Catridge Printer Yang Rusak

Posted on

Printer adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk mencetak sebuah dokumen. Dengan Printer biasanya banyak dari kalangan anak pelajar sampai yang sudah bekerja memerlukan alat ini untuk menyelesaikan beberapa dokumen seperti tugas, lampiran penting, perihal-perihal sampai urusan yang menyangkut Negara. Bagaimana tidak, alat pencetak ini bukan hanya digunakan untuk mencetak sebuah lembar ketik saja, melainkan bisa mencetak sebuah file berformat .JPG. Untuk kalangan orang-orang yang memang diharuskan untuk mengeprint sebuah dokumen biasanya mereka memiliki Alat ini tersendiri, yap mereka tidak perlu ke toko foto copyan atau ke warnet karena mereka pikir itu akan memakan waktu dan menambah pengeluaran saja. Hal ini biasanya terjadi terhadap anak kuliahan beserta orang-orang kantor, oleh sebab itu mereka memiliki alat Printer masing-masing.

Jika kamu merupakan seseorang dengan pengguna alat Printer yang sangat sering apa yang terjadi apa bila Catrdigde Printer yang biasa kamu gunakan rusak karena berbagai macam hal seperti bocor, kering, bahkan keluarnya macet-macet. Jika kamu mengalami hal yang seperti itu cobalah untuk mengikuti beberapa Tips dari saya, berikut langkah-langkahnya:





1. Buka penutup Printer kamu, pastikan saat kamu membuka penutup Printer kamu sedang tidak menjalankannya. Jika sudah ambil Catridge Printer kamu, cek bagian mana yang kering, bocor, atau terdapat tinta yang keluarnya tidak lancar.

2. Untuk memastikan ketiga itu, coba cek bagian bawahnya atau tempat keluarnya tinta. Jika kamu mengalami ketiga diatas janganlah panik. Untuk memungkinkan terjadinya keberhasilan, buang semua isi Tinta dengan cara membuka label stiker yang ada di atas Catridge.

3. Siapkan air hangat dipiring dengan ukuran air kurang lebih 10ml. Ingat, air hangat bukan air panas ataupun dingin. Air hangat berfungsi untuk menetralkan permukaan yang mengakibartkan tinta-tinta pada Catrdige menjadi tidak lancar.

4. Jika air hangatnya sudah siap, masukkan Catridge Printer tersebut pada air hangat yang sudah kamu taruhkan dipiring. Untuk beberapa saat diamkan Catridge kamu yang terendam 15 sampai 30 menit. Disini kamu pastikan bagian yang terendam bukanlah secara menyeluruh, tapi bagian bawahnya saja ya.

5. Bila waktu terasa sudah cukup, siapkan tisu, disini tisu berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa tinta yang mulai rontok. Jika sudah disiapkan, tisu dibasahi dengan air dingin secukupnya saja, artinya jangan sampai terlalu basah.

6. Angkat Catridge Printer tadi yang terendam, bersihkan bagian permukaan bawah serta bagian-bagian yang bawah dengan tisu basah tadi. Jika sudah, siapkan tisu kering dan letakkan Catridge tadi pada tisu. Diambkan sampai semuanya kering.

7. Jika sudah, isi Catridge tinta dengan lubang yang sesuai dengan warna. Jangan lupa juga untuk memberishkan bagian-bagian Printernya juga agar proses pencetakkan nanti bisa lancar. 

8. Pasang Catridge Printer ketempat semula, diamkan 2-5 menit sebelum kamu mulai mencoba untuk mencetak sebuah dokumen. Untuk percobaan kamu tidak perlu menggunakan dokumen yang penting, carilah ketikkan-ketikkan yang sudah tak terpakai.

9. Jika terasa sudah cukup waktu, cobalah untuk mencetak kembali. 


Trik ini pernah saya alami sendiri dengan berbagai sumber informasi yang ada. Saya pernah melakukannya pada Printer HP Deskjet Series 1000 saya dan alhasil work. Tapi terkadang kala jika kondisi Catridge Printer sudah terlewat parah tips ini tidak akan berpengaruh dan alhasil harus membeli Catridge yang bisa dikatakan mahal. Kegagalan Catridge dalam sebuah Printer ialah karena terlalu berlebihan dalam mengisi sebuah Tinta, jika kamu tidak mengetahui berapa takaran yang harus digunakan sebaiknya kamu mengisi Tinta Printernya di toko-toko pengisiannya saja. Hal ini terjamin karena kapasitas yang diisikan oleh pegawai tokonya bisa dibilang akurat. Masalah lain dari Catridge ini adalah karena tidak lama dipakai. Catridge jadi kering dan sulit untuk mengeluarkan tintanya. Jadi seluang apapun kamu untuk tidak mencetak sebuah dokumen, lebih baik gunakan saja agar Catridge Printer tidak kering.

Oke itu saja Tips dan cara dari saya, semoga berhasil dan bermanfaat 🙂

13 thoughts on “Cara Memperbaiki Catridge Printer Yang Rusak

  1. Catridge saya malah aneh gan . Pas di keluarin dan di cek pake tisu tintanya keluarnya lancar tapi pas di pasang dan dibuat ngeprint malah ada warna yang gak keluar. Mau coba dulu ah cara agan di atas semoga dengan ini bisa diatasi ya gan ☺

  2. oh gitu ya gan, pake air hangat. Saya kira dulu orang-orang yang pakai air hangat bisa merusak kuning-kuning didepannya, ternyata ada artikel ini yang bisa memperjelas. Terima kasih gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *