Cara Menyetel Video Di DVD Player Dengan Flashdisk

Posted on
Video sudah tidak asing lagi bagi kalangan orang-orang yang suka nonton Film dan sejenisnya. Biasanya para penikmat tontonan tersebut memutar video kesukaan mereka di DVD Player, Laptop, bahkan Smartphone. Format-format yang tersedia didalam Video tersebut beraneka ragam, mulai dari MKV, MP4, AVI, MPEG, dan masih banyak lainnya. Berbagai macam format video bisa diputar di berbagai perangkat yang berbeda, biasanya para penikmat video mulai beralih guna dari DVD Player ke perangkat Laptop/PC dan Smartphone karena dengan perangkat tersebut mereka hanya perlu mengunduh file video yang mereka butuhkan lalu diputar sesuka dan kapanpun mereka mau. Sebut saja format video yang paling banyak dicari oleh kalangan penikmat Film ialah format MKV, disini format MKV bisa dibilang format yang paling mendekati sempurna karena aspek kualitas dan rasio video yang tidak bisa diragukan lagi.
Banyak yang beralih ke Ponsel Pintar dan perangkat PC, tak kurang dari kalangan orang-orang penikmat Film masih setia dengan DVD Player karena berbagai macam alasan. Biasanya para pengguna DVD Player yang masih setia menggunakan perangkat tersebut karena terhubung langsung dengan TV LCD maupun LED. Maksud dari terhubung oleh perangkat Televisi ialah karena Video yang dihasilkannya lebih bersih, dan dengan DVD Player para penggunanya bisa menyeting dengan Loud Speaker yang super kencang.

Didalam DVD Player biasanya para pengguna disediakan satu port USB yang biasa digunakan untuk menyetel lagu dan video hanya dengan modal Flashdisk atau Kartu SD. Dan banyak dari pengguna DVD Player menggunakan port USB itu untuk menyetel lagu berformat MP3. Biasanya para pengguna DVD Player masih belum tahu bagaimana caranya untuk menyetel sebuah Video di DVD Player dengan modal USB Flashdisk dan Kartu SD. Di artikel ini saya akan memberikan Trik agar Video kesayangan kalian bisa diputar di DVD Player hanya dengan USB Flashdisk. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Video yang akan kamu gunakan. Usahakan Video yang akan menjadi modal tersebut beresolusi 720p – 1080p.
2. Buka aplikasi Any Video Converter di PC kamu. Jika di PC kamu masih belum ada Aplikasi tersebut, cobalah untuk mengunduhnya di websitenya BAGAS31 atau Kuyhaa Android. karena kedua website itu memberikan Aplikasi yang sudah Full Version atau tanpa membayarnya.

3. Jika aplikasi Any Video Converter sudah kamu download, Install software Converter tersebut sampai selesai.

4. Setelah proses Instalasi berjalan dengan lancar, buka Aplikasi tersebut.



5. Klik ‘Add Video‘, jika video sudah ditampilkan di layar tugas cobalah untuk memilih format seperti yang ada digambar dibawah ini.



6. Pilihlah format MPEG I atau MPEG II, kedua format tersebut memanglah sama. Gunakan sesuai kebutuhan kualitas video yang kamu butuhkan.



7. Jika kamu sudah memutuskan format MPEG yang sesuai dengan kamu, mari kita beralih pada settingan Video dan Audio. Perlu kamu tahu, agar video bisa diputar di DVD Player dengan modal USB Player satu-satunya pilihan yang bisa kamu gunakan ialah format MPEG. Karena format tersebutlah yang Work di media DVD Player.
                                             


8. Setting lah Video dan Audio seperti gambar diatas. Untuk ukuran normal biasanya resolusi video memang 720×480, jika settingan video kurang atau lebih, bisa-bisa Video yang akan kamu setel menjadi gepeng atau ke Zoom.

9. Jika resolusi tersebut masih kurang pas buat kamu, cobalah untuk membuat settingan kamu sendiri. Yang terpenting jangan merubah Format video yang kamu pilih. Karena hanya format MPEG yang Work di perangkat DVD Player.

10. Jika settingan sudah selesai, klik Convert Now atau Convert Sekarang. Tunggulah sampai proses peng-convertan selesai.

11. Bila sudah selesai, klik kanan pada Tugas Convert yang sudah selesai dan klik pilihan Open Output Folder.

12. Didalam folder tersebut berisikan format Video yang sudah selesai kamu Convert. Pindahkan video tersebut kedalam Flashdisk kamu.

13. Tunggu sampai proses pemindahan file selesai, jika sudah selesai mulailah nyalakan DVD Player kamu.

14. Tancapkan Flashdisk yang sudah berisikan video tersebut ke dalam port USB di DVD Player.

15. Jika video yang sudah kamu siapkan tidak ada, tekan tombol Prog/Program pada Remote DVD Player kamu. Carilah video yang sudah kamu Convert tadi.

16. Bila sudah ketemu, Play video tersebut. Lihatlah hasil Convert-an kamu berhasil atau tidak. Jika tidak berhasil coba setting videonya kembali. Kecilkan ukuran resolusinya sampai berhasil.

Cara ini sering saya gunakan untuk mengonvert Musik Video yang saya suka, alhasil semuanya work. Film pun pernah saya Convert, hanya saja File yang dihasilkannya akan berisiko sangat besar dan benar-benar menguras Memory kamu. Minimal untuk sebuah Film kamu butuh 8 GB hanya untuk satu Film, hal ini untuk mencegah ketidakmuatnya Flashdisk dalam menyimpan File Video tersebut. Semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *