Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Panas/Overheat

Posted on
Berbagai macam hal bisa kita nikmati dengan sebuah perangkat bernama Laptop. Disaat kita BT, kita tinggal menyalakan si Laptop untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton film dan berbagai macam hiburan lainnya. Disaat ada tugas, kita tinggal mengetik dan searching di internet dengan Laptop apapun yang kita butuhkan.

Intinya dengan hadirnya si Komputer versi lipat kamu dapat mendapatkan kenyamanan yang luar biasa. Mulai dari ringan, Laptop juga bisa dibawa kemanapun tanpa ribet. Bahkan versi Laptop ini memiliki jenis yang lebih kecil atau sering disebut Notebook. Meskipun berbeda jenis, komponen yang telah digunakan oleh Notebook sangat sama dengan apa yang digunakan oleh Laptop. Intinya Notebook dan Laptop memang memiliki varian yang sama, hanya saja Notebook beristilah ‘adik’nya si Laptop.

Disaat merasakan kenyamanan bermain Laptop, pastinya kamu sering merasa cemas karena tiba-tiba Laptop kesayangan kamu mengalami tekanan suhu yang sangat tinggi. Tekanan suhu yang sangat tinggi tersebut sering disebut Overheat. Overheat bisa terjadi karena beberapa faktor dari Laptopnya sendiri atau si Pengguna nya. Dan jika Laptop kamu mengalami Overheat, mungkin inilah penyebabnya:

1. Penggunaan Yang Buruk


Laptop sangat sensitif terhadap kebersihan. Jika Laptop mengalami Overheat karena debu, kotor, minyak dan sejenisnya mungkin itu bisa jadi faktor utama. Tapi disini penggunaan yang buruk terhadap Laptop ialah penggunaan tanpa adanya perantara khusus untuk si Laptop. Misalnya saat kamu bermain Laptop kamu tidak menggunakan tatakan khusus atau bermain di tempat yang tidak ada sirkulasi udara seperti bermain di kasur. Tekanan udara yang seharusnya dihirup oleh Laptop melalui bagian bawahnya jadi tidak berfungsi karena keturunan sesuatu. Alhasil sirkulasi udara yang terjadi menjadi tidak stabil dan Laptop jadi cepat panas.
Solusi: Gunakan Meja khusus yang datar atau meja tambahan khusus Laptop. Fungsi dari meja tersebut ialah agar sirkulasi udara yang terjadi pada Laptop bisa keluar dan masuk. Jangan sekali-kali memainkan Laptop di permukaan yang tidak rata seperti di kasur, bangku, bantal, guling dan sejenisnya.

2. Bermain Sambil Di Charger

Bermain sambil di charger merupakan penyebab terjadinya Laptop Overheat. Arus listrik yang masuk untuk mengisi Baterai akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam Laptop menjadi berantakan. Alhasil Laptop kamu menjadi cepat panas. Selain Laptop menjadi Overheat, bermain sambil di charger bisa merusak Batrei karena nantinya Batrei tersebut menjadi rusak atau Soak.

Solusi: Berhentilah bermain Laptop sambil di Charger. Jika waktumu merasa terhambat karena Baterai, cobalah untuk membeli cadangan Batrei. Hal ini mencegah agar Overheat dan soaknya Batrei terjadi.

3. Lamanya Waktu Penggunaan

Lamanya waktu penggunaan Laptop menjadi salah satu penyebab Laptop cepat panas. Sebenarnya penyebab yang satu ini masih satu pengertian dengan bermain Laptop sambil di charger. Berbeda dengan Komputer, Laptop memiliki daya tahan yang sedikit lebih rentan. Coolpad yang disediakan milik Laptop juga tidak begitu besar karena keterbatasan dengan Laptop itu sendiri. Selain bermain sambil di charger, Laptop akan cepat panas kalau dimainkan terlalu lama. Fungsi dari seluruh komponen Laptop jadi tidak seoptimal mungkin karena pemakaian berjam-jam lamanya.
Solusi: Jika batas Batrei hanya bertahan 3-4 jam, jangan memaksakan batas waktu tersebut. Cobalah untuk mencharge sampai Laptop terisi penuh. Bila kamu memaksakan maka hal-hal diatas lah yang akan menjadi penyebab Laptop kamu Overheat.

4. Tidak Berfungsinya Cool Pad

Fungsi yang satu ini sangat perlu diperhatikannya. Jika kamu merasakan pemakaian Laptop yang kamu lakukan saat ini normal-normal saja cobalah untuk mengecek si Kipas. Kipas yang di fungsikan khusus untuk mencegah terjadinya panas pada Laptop sangatlah penting untuk menunjang pemakaian dalam waktu lama untuk si Laptop sendiri. Jangan biarkan kipas laptop yang sudah rusak dibiarkan begitu saja. Segeralah perbaiki untuk kelangsungan Laptop kesayangan kamu

Solusi: Jika kipas Laptop kamu memang terbukti rusak bergegaslah untuk pergi memperbaikinya. Jika kamu terus-terusan menunda maka Overheat yang terjadi pada Laptop kamu akan berkepanjangan dan justru akan rusak lebih parah.

5. Keringnya Thermal Paste

Mungkin kebanyakan orang sudah tahu tentang Thermal Paste. Ya, Thermal Paste merupakan sebuah komponen berbentuk Gel/Jel yang diletakkan langsung diatas komponen Laptop terpenting bernama Proccessor. Penyebab masalah keringnya Thermal Paste karena pemakaian Laptop yang sudah lama. Jika si Laptop masih baru mungkin Jel yang tempelkan di atas Proccessor ini masih belum mengering, kalau sudah lewat 1 – 2 tahun mungkin masa inilah Hal yang telah menempel mulai menghilang.

Solusi: Isi kembali Jel tersebut. Memang tidak mudah namun hal ini mencegah terjadinya kerusakan parah yang bertambah. Dengan diisinya Jel tersebut, setidaknya kamu bisa tenang tanpa harus khawatir akan Laptop kamu yang Overheat.


Mempelajari sebuah kesalahan memang bagus jika ditanggapi dengan cepat. Oleh karena itu jika Laptop kamu mengalami kesalahan oleh Penyebab yang saya sebutkan diatas cepat-cepatlah melangkah menuju Solusi. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *