Berikut Pencegahan dan Alasan Mengapa Android Cepat Panas

Posted on

Berikut Pencegahan dan Alasan Mengapa Android Cepat Panas – Penyebab android yang cepat panas adalah dengan penggunaan smartphone dan tablet android secara belebihan. Pasalnya ketika anda menjalankan sebuah game atau aplikasi dengan berlebihan atau dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan meguras daya baterai yang anda. Selain itu komponen hardware android akan selalui bekerja tanpa ada jeda beberapa jam, oleh sebab itu android akan mudah panas.

Pencegahan dan Alasan Mengapa Android Cepat Panas

Faktor kedua yang menyebabkan android jadi cepat panas adalah keadaan signal atau sinyal yang tidak stabil, ketika smartphone mencari sinyal baik itu sinyal wifi atau lainya maka akan menyebabkan panas. Jika anda Biasa yang sering dialami ketika berada dalam suatau perjalanan yang sulit sekali mendapatkan sinyal, namun pengguna memaksakan untuk mencari sinyal secara terus menerus sehingga bisa menyebabkan android mudah panas.

Ini merupakan kesalahan yang sering dialami oleh pengguna smartphone atau tablet android, dengan membiarkan aplikasi berjalan di background merupakan hal yang kurang baik. Ketika aplikasi masih berjalan di layar dan aplikasi yang aktif juga jumlahnya banyak maka akan sangat menguras daya baterai, dengan banyaknya daya baterai yang terpakai tentu saja akan mudah panas android anda.

Sebenarnya untuk menghindari adanya cepat panas pada android yang anda miliki, anda selaku pemiliki gadget haruslah memperhatikan linkungan sekitar. Hendaknya anda menggunakan smartphone dan tablet untuk terhindar dari terik matahati serta suhu yang panas, hal ini merupakan faktor external yang akan membuat ponsel dan tablet anda cepat sekali panas.

Kemudian faktor lain yang menyebabkan android menjadi panas adalah ketika ada keruskan pada baterai, untuk baterai yang sudah membesar maka sebaiknya cepat ganti karena akan mudah sekali habis daya baterai serta akan mudah pula panas.

 

Tips Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Ada beberapa langkah untuk menghindari android yang mudah panas, dengan mengatasi masalah tersenit maka anda sudah menormalkan kondisi ponsel juga tablet yang anda miliki, lantas bagaimana cara mengatasi android yang overheat seperti berikut.

  • Sebagai solusi utama agar android tidak mudah panas maka anda perlu memeriksa kondisi baterai pada smartphone dan tablet android yang anda miliki, kemudian juga pada baterai yang baik adalah memiliki daya yang besar dan saya sarankan anda memilih baterai jenis Li-Po yang menurut saya lebih bagus spesifikasinya.
  • Kemudian solusi untuk mengatasi android yang overheat adalah dengan meghapus atau menguninstal aplikasi dan game yang memberatkan ram, sebab ketika android memiliki aplikasi yang memberatkan ram maka akan menambah kinerja android menjadi terbebani, hal ini menyebabkan android cepat sekalu panas.
  • Selain itu cara untuk mengatasi android yang panas dengan dua cara yaitu anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak penting dan bisa juga langsung menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak terpakai dan memberatkan android. Dengan demikian smartphone dan tablet android anda menjadi ringal serta terasa lebih cepat, lalu ini akan berdamak pada kinerja yang tidak terlalu panas nantinya.

Faktor Penyebab Android Cepat Panas

Ini merupakan faktor yang menyebabkan megapa smartphone android mudah sekali panas, sebenarnya ini tidak terlalu berdampak langsung namun jika dibiarkan dapat membuat suhu panas yang berlebihan. Kemudian bila anda mengalami hal ini, maka cara mengatasi overheating karena hal ini dapat diatasi dengan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan provider jaringan yang memiliki koneksi stabil, walaupun sinyal nya tidak terlalu kuat ya paling tidak sedang saja. Bisa memilih jaringan provider yang mendukung koneksi tabil di daerah anda. Secara umum beberapa penyedia provider telekomunikasi menyediakan jaringan dari koneksi 3G secara menyeluruh hingga beberapa pelosok negeri.

 

Pencegahan

Pada cara mengatasi masalah android yang cepat panas yaitu anda perlu menyimpan ponsel dan tablet android di tempat yang benar, kebanyakan dari pengguna mengabaikan hal ini. Alangkah baiknya ponsel android jangan ditempatkan pada sembarang tempat, maka hindari dari paparan sinar matahari langsung. Jika terlalu lama maka akan berdampak buruk yaitu dapat membuat komponen atau hardware pada android mudah rusak.

Ketika smartphone android diletakan ditempat yang lembab, maka ini lebih beresiko dapat kemasukan air entah dalam jumlah sedikit terlagi jika smartphone tidak anti air. Jika suhu yang terlalu dingin akan menyebabkan komponen hardware pada android mudah sekali untuk karat, sehingga akan berdampak keruskaan yang fatal pada setiap komponen yang berkarat.

Baca Juga: Berikut Teknik Bermain Game PES2017 Android Lengkap

Tidak sedikit dari doi yang mengabaikan masalah kebersihan dari perangkat android yang doi miliki, padahal hal kebersihan sangat perlu anda terapkan. Pasalnya debu yang menempel pada hp serta tablet android bisa menyebabkan terjadinya overheating, hal ini bisa terjadi karena lubang yang tersedia pada body jika tertutup oleh debu akan menyebabkan suhu panas dari smartphone tidak dapat keluar.

Sebenarnya cara mengatasi overheating android panas sangat mudah untuk dilakukan, anda dapat menggunakan cotton buds atau bisa disebut pembersih telinga yang berbahan kapas. Jika sudah maka tinggal bersihkan debu yang penempel pada hp hingga terlihat bersih dan pastikan juga pada bagian dalam termasuk baterai juga dibersihkan. Namun anda perlu perhatikan bahwa jangan sampai kapas yang ada pada pembersih telinga menempel pada bagian perangkat android.

Baca Juga: Beberapa Aplikasi Android yang Membuat Lemot Saat di Gunakan

Ini yang banyak dari kita mengabaikan masalah ini, padahal ini merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat android anda. Ketika anda menggunakan kabel charge untuk melakukan pengisian daya baterai, pastikan huga bahwa anda melakukan pengisian dengan charge asli dan jangan pakai kabel USB.

Bagi anda yang mengisi daya baterai dengan menggunakan usb dapat membuat bagian pada port usb jadi terbakar, bahkan yang lebih parah lagi dapat terjaid krosleting arus listrik. Hal ini di sebabkan karena ketikdak cocokan antara usb charger dengan perangkat android, sebenarnya pengisian baterai sudah direkomendasikan oleh brand merek hp tersebut. Dan brand merek perangkat android anda sudah melakukan uji yang baik adalah menggunakan charger asli.

Baca Juga: Cara Menambah RAM Android? Berikut penjelasannya!

Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet yaitu dengan penggunaan android saat sedang dicharging, padahal hal ini tentu saja tidak baik bagi kelangsungan perangkat anda. Sebaiknya anda gunakan android saat sedang tidak dicharging, jika anda menggunakan android ketika di charging hanya akan membuat perangkat android mudah panas. Selain itu jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan baterai android akan membesar dan akan mudah habis. Jadi pastikan anda tidak menggunakan smartphone android ya ketika dicharging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *